mesin DOHC untuk r15

mikum…

uyipmotoblog . lagi santer kasus catatan waktu nyentul omr produk yamaha R15 sama honda cbr150r lokal…dari data diperoleh omr R15 lebih bagus persekian detik…

image

menurut ane si gak terlalu signifikan…menurut pikiran liar ane sebagai pengguna yamaha tarikan motor yamaha rata-rata joz dari rendah sampai menengah tapi kalo rpm tinggi rasanya tenaga sudah flat saja…
diisukan yamaha sedang meracik mesin baru untuk jagoan 150 cc..kalo menurut perkiraan ane ( bloger abal-abal) paling tidak mesin ini brojol tahun 2017..weeww masih lama pemirsa.. perhitungan biasanya produk new paling tidak sekitar 3- 4 tahun.
paling tidak setiap tahun ganti striping saja..
biasanya pabrikan yamaha surprise kalau buat produk new.lihat produk sport 250 cc yamaha tenaga diatas rata-rata kompetitor,yang bikin ane salut yamaha selalu ingin tampil beda dari swing arm yang gk pake monocross alias konvensional.wah jadi kaya njmx ane yak”!!
tapi para tester malah banyak yang memuji handling dari r25 yang enak buat belok ok lurus jg ok tetap stabil..
balik ke r15 lagi…
yaps diam- diam yamaha diduga sudah mensurvei pelanggan yamaha dengan disuguhkan r125 ..mereka ditanya apakah bagus bentuk bodynya..kalo ane yang ditanya ya jozzz gandosss xixixi..
apakah next r15 akan mengadopsi garis desain r125.?.bakal makin berdarah pertempuran sport 150cc..mungkin yamaha mulai galau soalnya pesaing sudah mempunyai jagoan baru dengan body yang lebih sporti kecuali tanduknya kayaknya***???!!!
apalagi tenaga jelas menang honda cbr lokal ditambah mesin dohc yang terkenal sadis untuk putaran tinggi..
apa jangan-jangan yamaha akan buat mesin yang lebih superior dibanding honda???.
bagi ane sih cukup mesin dohc power gak usah muluk-muluk cukup 18 ps sajah(ngarep.com)..limiter sampai 14.000rpm(ngimpi.xixixi….) body garis desain mirip r125 …banana+deltabox jiaannn jozzz gandosss
ini cuma hayalan jangan terlalu dipikir entar pengen lagi …….

salam…

Iklan

Tentang uyipmotoblog

seorang buruh pabrik yang sederhana. mencoba berbagi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari ..
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

29 Balasan ke mesin DOHC untuk r15

  1. uyipmotoblog berkata:

    memang cocok sih…tapi????????
    kurang napas mas pb…memang sih karakter sohc super bgt buat stop n go …belum lama ini saya pinjam cibi pnya teman..tarikan awal beda jauh ma piksen tapi putaran atasnya makyus mas…pengen beli motor lagi tapi uang sudah habis buat rumah dulu hehehe..

    Suka

  2. Jakoblus berkata:

    Jgn berhrp lbh ma yamaha bangkrut…!!!
    Dohc 150 overbore plus stroke persis ma cbr 150 gak akan mampu buat…!!!
    Riset mesin baru itu mahal…!!!
    Paling2 beli mesin dr PT. CHEMCO HARAPAN NUSANTARA (CHN) lg…!!!
    Trus koar2 tekno motogp dll BULLSHIT…!!!!
    REPACKAGE ala yimm busuk..!!!
    Mesin letoy pikson 150, mx 135, reiju 125, r125, huqsvarna 125 dll made in PT CHN….!!!
    2017/2018 bocoran diblognya om komeng pikson dohc, tp percuma konsumen dah jenuh. Thn dpn trend 250 cc lebih makyus..!!!
    150 cc kencengnya beti ( beda tipis)..!!!
    Percuma…!!!

    Suka

  3. brigade jalan raya berkata:

    saya masih bingung mas uyip. apa mas uyip belum tau juga. SOHC dan DOHC kan ini bicara 1 problem besar. gimana caranya panas pada klep bisa diminimalisir. jadi pas dibejek tarikan atas ga drop. ya DOHC lah! SOHC yang OVERBORE ya bisa bejaban asal pasang radiator besar. jadi klep ga panas alhasil tenaga ga drop so speed selalu tumbuh.

    kalo VIXION kan OVERSTROKE. sudah jelas ga main putaran atas. jangan dipaksa lah. dan jangan dibandingkan sama yang OVERBORE.

    jadi DOHC sama SOHC masih termasuk opsi teknologi canggih dalam kasus teknologi rida 2 & 4 maupun lebih.

    ingat SOHC klep nya ga tahan panas. DOHC klep nya lumayan tahan panas. Nahhh yang lebih tahan itu mesin tipe SOHC tapi klep tipe pneunomatic, atau yang dipakai mesin motogp DOHC tapi klep tipe peneunomatic.

    *Single-OHC vs DoubleOHC anak SD diajarkan juga akan tau mana yang bisa menahan panas lebih baik. :mrgreen:

    Maaf kalo saya salah nih šŸ™‚

    Suka

  4. uyipmotoblog berkata:

    bukan tahan atau tidaknya mas bro…ini sudah sifatnya kalau sohc cocok buat stop n go kalau dohc cocok buat akselerasi putaran atas …knp demikian karena mesin dohc cam ada dua biji masing2 klep untuk in out berbeda jadi antara cam dan klep tidak ada perantara alias cam langsung nonjok klep..tapi ada kelemahan untuk dohc yaitu tarikan awal terasa lebih smoot ya secara gampangnya karena banyak part yang bergerak…beda dengan sohc satu cam untuk menggerakan 2 klep sekaligus in out..maka dari itu tarikan awal nampol dari putaran rendah hingga menengah ..nih kelemahan sohc tadi sudah disinggung sama mas bro tentang radiator besar untuk mesin sohc overbore…meski sohc overbore gak tentu putaran tingginya enak ..ingat penggerak klep pada mesin sohc menggunakan rocker arm buat nonjok klep…sehingga tidak cocok untuk putaran tinggi knp koq bisa??? ini makin jauh jarak cam dari klep maka kerugian gaya dan waktu yang lebih besar ada batas putaran pada mesin tipe sohc dimana gerakan cam dan klep sudah pada ambang batas normal alias overlap timing dan hal ini yang menjadikan mesin sohc lebih panas karena pada saat klep harusnya menutup malah sedikit terbuka jadi tenga yg tersalurkan tidak maksimal dan hanya menjadi energi panas saja atau lost kompresi…ini yang sne tau gan mungkin ada tambahan???

    Suka

    • brigade jalan raya berkata:

      nah! saya tetap fokus ke problem panas. šŸ™‚

      mas uyip sudah mendapatkan poin penting ke 2. yaitu klep yang overlaping.

      sederhananya ada ketidak keseimbangan kan šŸ˜‰

      sebabnya banyak. tapi apa sih musuh kepersisian part macam baja. panas kan šŸ˜€

      karena panas yang tersalur ke bagian sistem klep ga bisa diladenin sama 1 cam tadi. rocker arm terkena panas mesti memuai dan kehilangan daya persisinya. jangan sampai cam yang satu doang terkena panas juga bisa super ga seimbang. alhasil ledakan mesin terkadang bisa masuk ke sistem klep. apa ga super duper panas. ya hamsyong. motor bingung dan power langsung drop.

      naahh! saya mau tanya sama mas uyip. apa DOHC itu hanya cocok diputaran tinggi doang? apakah ga layak buat DOHC untuk dibuat untuk main bawah aja?

      saya punya jawaban spesial nih untuk pertanyaan saya di atas. tapi mad uyip jawab dulu. hehe

      dengan begitu memang layak buat DOHC untuk disebut mesin yang titik titik :mrgreen:

      Suka

  5. uyipmotoblog berkata:

    setau saya gampang kok tinggal tambah mata gearnya saja dijamin tarikannya kayak mesin sohc…hehe..

    Suka

  6. brigade jalan raya berkata:

    he eh. salah satunya. tapi maksud saya dibuat overstroke gitu? gimana?

    Suka

  7. brigade jalan raya berkata:

    karena mas uyip sudah jawab maka saya kasih jawaban spesial tentang DOHC.

    sebab cam langsung menonjok ke klep maka tingkat kepersisian akan mudah diatur. dalam perkembangan tingkat kepersisian pada mesin DOHC ini maka munculah ide ‘vvti-variable valve timing intelegence’. yang mampu mengembalikan kepersisian cam akibat besin sembarangan, kepanasan di putaran tinggi, atau pengaruh lain. seketika itulah mesin DOHC yang serba bisa dan easy setting wajar disebut tipe mesin CANGGIH baik untuk roda 2 atau lebih. šŸ™‚

    *SOHC bisa juga dibuat vvti. tapiii kan ada rocker arm nya, ya percuma. kecuali vvti itu bisa mengatur pemuaian rocker arm juga. ribet kan.

    Suka

  8. uyipmotoblog berkata:

    mungkin jarang mesin dohc pake operstrok…paling ngerubah timing pengapian seperti pada mesin dohc milik cb150r..dengan menggeser timing seperti dirubahnya cam pada si cibi ..dengan mapping ecu yg berbeda dengan cbr150 thailand…kalau mau riset mesin baru pasti biaya makin banyak menurut pabrikan jepang mungkin make yg sudah ada tapi dengan merubah part kecil agar lebih efisien…ane saja kerja di pt punya orang jepang gtu dikasih mesin produksi sudah jadul2 namun setiap bulan mesti ada perbaikan sana sini sehingga produksipun banyak layaknya mesin model baru hehehe…curcol “

    Suka

  9. brigade jalan raya berkata:

    mengapa saya fokus ke panas. karena logika saya terbawa ke sistem klep mesin desmo ducati. bukan DOHC kan tapi DESMO yang menggunakan rocker arm tapi diladenin sama 4 cam. mungkin namanya FOHC-Four Over Head Camshaft. šŸ˜†

    gimana tanggapannya nih tentang mesin DESMO yang tentu klepnya pneumatic/springless? šŸ™‚

    Suka

  10. brigade jalan raya berkata:

    hehe iya betul bro.

    memang jarang DOHC yang overstroke. tapi mudah kita jumpai kendaraannya. ya Toyota Yaris itu. šŸ˜€

    terus DOHC biar irit adalah sesuatu yang menantang. DOHC pada hakikatnya kuat melakukan putaran tinggi setinggi tingginya :mrgreen: maka sudah barang tentu DOHC layaknya untuk kendaraan super cepat. tapi kita mau juga irit. ya kita ngarepnya DOHC bisa main putaran atas sampai bawah.

    ya bener tuh! itu sudah ada. di setting motor gede. yang bisa ganti ganti mode race, wet, urban dll giti deh.

    kalo sudah begitu ya harus bicara budget sih. hehe šŸ™‚

    betul. kalo ala kadarnya kayak CBR lokal ya giti deh. set timing valve ecu sporket lain lain. alhasil bisa putaran bawah sampai atas. namun ya jangan harap top speed terlalu tinggi ya.

    Suka

  11. brigade jalan raya berkata:

    eh keliru saya bro. mode sport, wet, itu bukan vvti kan. tapi variable lain yang bukan mainin valve. vvti hanya ada di mobil. tapi saya pikir ya mode seperti urban pada moge moge mesti bikin irit. itu variable “kabel gas” kan yang dipakai. tapi apa namanya lupa.

    Suka

  12. uyipmotoblog berkata:

    wah kalo mesin desmo si memang mantap mas bro…namun dari sisi material harus benar- benar nomer wahid..
    apalagi rokerarm ada 4 buat gantiin springnya jadi buka tutup klep tergantung camnya ..dari sisi cost juga mahal dimana buka tutup katup mesti presisi coba saja bagian rockerarm aus atau camnya dijamin lost kompresi..pantas saja motor ducati mahal -mahal..tapi menurut ane bagusan sistem katup penumatik dimana pengganti spring dari tabung yg berisi gas nitrogen dimana gas uni terkenal ringan dan tidak mudah memuai cocok untuk putaran tinggi bahkan balap f1 bnyak yg mengaplikasi katup penumatik ini..tapi yaitu ketahanan sil tabungnya mesti kuat sekali bocot ya sudah dijamin mogok..

    Suka

  13. brigade jalan raya berkata:

    o iya ya. saya perhatikan lagi DESMO itu rocker arm nya buat naik turunkan katup. Pantes banyak cam nya. Minus spring artinya panas ga lewat spring. spring terkena panas memuai dan gaya pegasnya kurang baik. tapiiii dengan batangan baja dalam tabung berpelumas akan membuat pemuaian ga begitu berarti. tapiii lagi … jika panas sudah menuju rocker arm saya rasa kerpsisian sedikit hilang nih. lost kompresi kan! lalu cam kepanasan juga, memuai, kepersisian pun sirna. mesin drop power nya.

    saya pikir itu katup pneumatic. memang susah melogikannya. wong pneumatic sendiri ga butuh cam kerjanya. *atau saya yang ga paham. soalnya ada tuh info yang nulis DOHC-Pneumatic???

    okeh! jadi mas uyip sendiri memang tau kan kalau material part itu mempengaruhi kepersisian.nah, makanya ketika ajang race bikin regulasi yang memberikan celah boleh pakai bahan part dari apa aja bisa jadi nih mesin SOHC jadi se-superior mesin DOHC khususnya pada putaran atas. *regulasinya batas RPM ditentukan juga. xixi

    Suka

  14. brigade jalan raya berkata:

    tapi kalo liat gambar ini memang DOHC Pneumatic itu ada :mrgreen:

    gimana!

    terus kalo liat video ini kok aneh cam nya. mas uyip bisa mengerti gitu???

    Suka

  15. kudo78dk berkata:

    kalau minta minarelli dohc keknya masih lama bro šŸ˜€ ……kecuali motor yg pake mesin ini udah nggak laku…tapi gen vixie masih laris… yah mau gimana lagi
    http://78deka.com/2014/10/06/four-stroke-power-valve-4-spv-makanan-apa-itu/

    Suka

  16. Mas Sayur berkata:

    trus arep di wehi mesine opo,mbah..? šŸ˜‰

    Suka

  17. brigade jalan raya berkata:

    nah itu mas uyip. lantaran AHM ga bikin motor yang lebih. jadi yamaha merasa SOHC sudah cukup! itu akar permasalahannya. :mrgreen:

    *biar kalah di balapan. tapi di penjualan ga kalah.

    Suka

  18. brigade jalan raya berkata:

    tapi strategi itu bukannya diterapkan oleh HONDA jazz :mrgreen:

    nah lho!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s